Solusi Kurangi Rambut Rontok (Part I)

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Lely Novita

Solusi Kurangi Rambut Rontok (Part I)

Ilustrasi (Fox News)

Senin, 15 Juni 2015 | 19:25

Analisadaily - Setiap harinya, kita kehilangan sekitar 50 sampai 100 helai rambut. Ini masih dalam kategori normal. Jumlah kerontokan dapat meningkat lebih banyak pada rambut yang tidak sehat. Akhirnya, Anda dapat mengalami kebotakan.

Hal ini dapat terjadi baik pada pria atau wanita. Rambut rontok tidak hanya disebabkan karena sampo atau masalah bahan kimia lainnya. Peneliti sepakat, rambut rontok juga dipengaruhi masalah genetik atau ada hormon yang tidak seimbang dalam tubuh manusia.

Cari tahu penyebab masalah kerontokan agar Anda dapat menemukan solusinya. Anda dapat memulai dengan cara :

1. Memeriksa hormon

Androgenetic alopecia dikenal sebagai masalah kerontokan rambut yang membuat pria atau wanita mengalami kebotakan. Masalah ini menjadi masalah paling umum. Menurut American Academy of Dermatology, hal ini mempengaruhi sekitar 80 juta orang. Masalah seperti ini dipengaruhi karena hormon dihydrotestosterone atau DHT.

"Testosteron akan dimetabolisme menjadi estrogen tetapi dapat menjadi DHT," kata seorang dokter, sekaligus ahli akupunktur serta gizi naturopati di Thriveology, Denver, Colorado, Dr Mark Carney.

Beberapa orang cenderung memiliki genetik ini. Namun, dapat juga disebabkan karena pola makan, gaya hidup dan lingkungan. Tes darah sederhana dapat menentukan kadar hormon. Setelah itu, dokter akan membantu Anda mencari solusi yang tepat untuk mengatasi rambut rontok dengan jumlah hormon yang telah diketahui.

2. Carilah penyebab lainnya

Anemia, resistensi insulin, masalah tiroid, penyakit autoimun seperti alopecia areata, dan stres dapat menyebabkan rambut rontok. Bahkan dapat juga karena kekurangan darah, masalah pada ginjal atau tidak seimbangnya Yin.

"Ada banyak pemahaman yang salah. Rambut tidak dapat tumbuh kembali, kecuali dengan pola hidup yang sehat,” kata seorang dokter kulit dan direktur Hair Disorders Center of Excellence at NorthShore University HealthSystem di Evanston, Illinois, Dr. Shani F. Francis.

Ramuan Tiongkok, akupunktur dan makanan seperti goji berry dapat membangun Yin dalam tubuh dan mengembalikan keseimbangan.

3. Berhenti memaksa rambut tetap lurus

Jika Anda terus-menerus memaksa rambut Anda tetap lurus dengan menggunakan obat-obatan kimia dan alat khusus yang menimbulkan panas, inilah awal kerusakan rambut. Dilaporkan dari Fox News, acara ini dapat membuat rambut sulit tumbuh kembali.

"Jika semua perawatan rambut berbahan kimia dan preferensi styling tidak mampu meningkatkan pertumbuhan rambut alami Anda, mereka sudah pasti merusak rambut," kata Francis.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar