Soda Berkaitan Dengan Kanker Langka

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Ria Situmorang

Soda Berkaitan Dengan Kanker Langka

Soda (Fox News)

Kamis, 14 Juli 2016 | 09:26

Analisadaily - Orang yang minum banyak soda atau minuman manis lainnya memungkinkan lebih berisiko terkena kanker langka, yakni kanker kantong empedu dan saluran-saluran empedu di sekitar hati. Namun, tidak banyak yang tahu tentang kanker langka ini.

Bukti menunjukkan, obesitas serta peningkatan kadar gula darah menjadi faktor utama mengapa kanker kantong empedu terjadi. Karena soda dan minuman manis lainnya telah dikaitkan dengan gula darah dan berat badan.

Peneliti menganalisis data survei dari makanan dan minuman lebih dari 70.000 orang dewasa. Kemudian, mengikuti aktivitas mereka selama lebih dari 13 tahun. Dari keseluruhan jumlah, 150 orang terkena kanker kantong empedu.

Dibandingkan dengan orang-orang yang menghindari minuman soda dan manis, mereka yang mengkonsumsi dua atau lebih minuman soda berisiko dua kali lebih tinggi pula dan kemungkinan 79 persen lebih tinggi terkena kanker saluran empedu.

"Konsumsi soda dikaitkan dengan risiko kanker saluran empedu dan kanker langka lainnya dalam penelitian yang sama,” kata kata peneliti utama, Susanna Larsson dari Institut Karolinska di Swedia, seperti laporan dari Fox News, Kamis (14/7).

Kekurangan penelitian, peneliti hanya memiliki data tentang kebiasaan minum pada awal penelitian. Temuan bisa saja dipengaruhi oleh perubahan dari waktu ke waktu dalam minuman yang dikonsumsi. Para peneliti juga tidak memiliki data yang tepat untuk menilai seberapa sering seseorang meminum minuman manis.

Meski begitu, penelitian ini menunjukkan ada banyak kemungkinan masuk akal soal kanker empedu dan minuman bersoda.”

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar