Sistem Kekebalan Bisa Berubah Jadi Kanker Darah

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Sistem Kekebalan Bisa Berubah Jadi Kanker Darah

Leukemia (BBC)

Selasa, 29 Mei 2018 | 11:15

Analisadaily - Leukemia limfoblastik akut mempengaruhi satu dari 2.000 anak-anak di seluruh dunia.

Prof. Mel Greaves dari Institute of Cancer Research, Inggris, mengumpulkan bukti selama 30 tahun untuk menunjukkan sistem kekebalan tubuh jika tidak dicegah bisa menjadi kanker darah atau biasa disebut sebagai leukemia.

Jenis kanker darah lebih umum di masyarakat maju. Mutasi genetik dapat terjadi di dalam rahim dan selama masa kehamilan. Kurangnya paparan mikroba di tahun pertama kehidupan mampu meningkatkan sistem kekebalan untuk menghadapi ancaman.

Jika tidak, anak dapat mengalami kerusakan fungsi kekebalan tubuh dan pada akhirnya menciptakan leukemia.

"Penelitian ini secara kuat menunjukkan, leukemia limfoblastik akut berhubungan dengan penyebab biologis yang jelas dan dipicu oleh berbagai infeksi pada anak-anak. Khususnya mereka dengan sistem kekebalannya belum benar-benar prima," kata Greaves, dilansir dari BBC, Selasa (29/5).

"Implikasi yang paling penting adalah sebagian besar kasus leukemia pada masa kanak-kanak cenderung dapat dicegah. Menghindari anak dari berbagai bakteri merupakan solusi penting. Misalnya mengonsumsi Yoghurt yang akan membantu melatih sistem kekebalan mereka," tandasnya.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar