Sindrom Kelelahan Kronis Terkait Bakteri Usus

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Sindrom Kelelahan Kronis Terkait Bakteri Usus

Bakteri usus (Fox News)

Sabtu, 29 April 2017 | 10:27

Analisadaily - Orang dengan sindrom kelelahan kronis bisa terjadi karena tidak memiliki ketidakseimbangan dalam bakteri usus.

Sindrom kelelahan kronis memiliki kadar bakteri usus tertentu dan tingkat yang lebih rendah dari orang sehat.

Hasil penelitian menunjukkan, pasien sindrom kelelahan kronis sebaiknya dibagi menjadi kelompok-kelompok yang berbeda sesuai ketidakseimbangan bakteri.

Menurut laporan Fox News, Sabtu (29/4), sindrom kelelahan kronis adalah gangguan di mana orang memiliki kelelahan ekstrem yang tidak bisa sembuh dengan istirahat.

Diperkirakan 35% dari 90% pasien mengalami ketidaknyamanan pada perut mereka. Beberapa juga melaporkan mengalami gejala IBS (Irritable Bowel Syndrome). Hubungan antara sindrom kelelahan kronis dan IBS masih belum terlalu jelas.

Namun dapat dipastikan, sindrom kelelahan kronis bisa mempengaruhi perkembangan IBS.

Selain itu para peneliti menemukan, orang dengan sindrom kelelahan kronis dan IBS memiliki kadar jenis bakteri yang disebut Alistipes dan tingkat yang lebih rendah dari jenis bakteri yang disebut Faecalibacterium.

Sementara, pasien yang memiliki sindrom kelelahan kronis tetapi tidak terkena IBS memiliki tingkat bakteri genus yang disebut Bacteroides lebih tinggi dan lebih rendah dalam genus ini disebut Bacteroides vulgatus.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar