Setelah ASI, Bayi Masih Butuh Vitamin D

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Setelah ASI, Bayi Masih Butuh Vitamin D

llustrasi (Fox News)

Kamis, 12 Januari 2017 | 10:34

Analisadaily - Bayi membutuhkan ASI untuk berbagai pendukung kesehatannya. Namun setelah diberi ASI, dokter masih merekomendasikan agar bayi diberikan vitamin D tambahan.

Vitamin D dapat mengurangi risiko bayi dari infeksi telinga dan pernapasan, sindrom kematian bayi mendadak, alergi, obesitas, diabetes dan yang terpenting untuk perkembangan tulangnya di masa pertumbuhan.

American Academy of Pediatrics menyarankan ibu menyusui agar memberikan bayi mereka suplemen harian 400 IU  vitamin D. Sebagai alternatif, ibu menyusui dapat mengonsumsi vitamin D sebanyak 4.000 sampai 6.000 IU per hari.

"Banyak ibu tidak menyadari kebutuhan suplemen vitamin D atau dokter mereka tidak merekomendasikan suplemen," kata ahli kesehatan Mayo Clinic Rochester, Minnesota, Dr. Tom Thacher.

"Banyak pula yang percaya, ASI sudah mencukupi kebutuhan vitamin D bayi. Ditambah, ketidaknyamanan memberikan suplemen pada bayi yang belum berumur di atas dua tahun," jelasnya, dilansir dari Fox News, Kamis (12/01).

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan rakitis, tulang lunak, kejang karena kalsium rendah atau gagal jantung pada bayi.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar