Sering Minum Kopi Bisa Buat Hidup Lebih Lama?

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Sering Minum Kopi Bisa Buat Hidup Lebih Lama?

Kopi (BBC)

Senin, 17 Juli 2017 | 10:37

Analisadaily - Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Annals of Internal Medicine menjelaskan, minum tiga cangkir kopi dalam sehari dapat memperpanjang umur seseorang.

Penelitian yang dilakukan pada 10 juta orang Eropa mengklaim, kopi dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit usus.

Profesor Sir David Spiegelhalter, dari Universitas Cambridge, menganalisis risiko dua penyakit di atas dan mengatakan, kopi dapat memperpanjang umur seorang pria sekitar tiga bulan lebih lama dan seorang wanita rata-rata sekitar sebulan.

Terlepas dari skala penelitian ini, peneliti lainnya tidak membenarkannya, karena kopi tidak dapat dibuktikan sebagai faktor utama dari umur yang panjang. Penelitian ini juga diklaim tidak memperhitungkan semua faktor.

Misalnya, tidak melihat perbandingan antara peminum kopi dan peminum non-kopi. Bisa saja orang yang minum tiga cangkir kopi sehari menghabiskan lebih banyak waktu untuk bersosialisasi dan hal ini dipercaya dapat meningkatkan kesehatan.

Sebelumnya, kopi justru dikenal sebagai minuman yang dikaitkan dengan kanker ovarium pada wanita. Kopi juga mengandung kafein yang bisa mempengaruhi berbagai kesehatan. Meski efek kafein pada setiap orang berbeda.

Pakar NHS belum menetapkan batasan kopi pada populasi umum. Dilansir dari BBC, Senin (17/7), pastinya, wanita hamil dilarang minum kopi lebih dari 200mg setiap hari. Kopi dapat meningkatkan risiko kelahiran bayi terlalu kecil. Terlalu banyak kafein juga bisa meningkatkan risiko keguguran.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar