Sepuluh Manfaat Lotus Rimpang

Penulis: Christison Sondang Pane

Sepuluh Manfaat Lotus Rimpang

Akar teratai (Coverimages/Boldsky)

Minggu, 15 September 2019 | 12:20

Sepuluh Manfaat Lotus Rimpang

Analisadaily - Akar teratai atau Lotus Rimpang, juga dikenal sebagai Kamal Kakdi, adalah rimpang yang dapat dimakan dari tanaman Nelumbo nucifera, umumnya dikenal sebagai Lotus India.

Akar ini populer digunakan dalam masakan China, Korea, India, dan Jepang. Akar teratai sangat penting dalam Ayurveda karena digunakan dalam mengobati beberapa penyakit yang berhubungan dengan kulit, perut, paru-paru dan lainnya.

Dilansir dari Boldsky, Minggu (15/9), akar teratai kaya serat dan rendah kalori. Jika dikonsumsi lama, dapat membantu menjaga kesehatan karena nutrisi penting ada di dalamnya.

Berikut ini manfaat bagi kesehatan dari ari akar teratai:

1. Meningkatkan pencernaan

Akar lotus berlimpah dalam serat makanan. Ini menambah massa ke tinja dan menenangkan gejala sembelit dengan meningkatkan gerakan usus. Ini juga bermanfaat dalam mengobati diare.

2. Mengatur tekanan darah

Kalium hadir dalam akar teratai melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Ini memastikan keseimbangan antara cairan dalam tubuh dan mencegah efek natrium dalam darah sehingga menjaga tekanan darah tetap normal.

3. Memperkuat kekebalan tubuh

Vitamin C hadir dalam akar teratai membantu dalam produksi sel darah putih, yang bertindak sebagai sistem pertahanan terhadap berbagai penyakit sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh kita

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Akar teratai mengandung piridoksin yang membantu menurunkan kadar homosistein. Tingkat homocysteine ​​yang tinggi terkait dengan risiko serangan jantung. Juga, kalium dan serat makanan membantu menghilangkan kolesterol dari aliran darah.

5. Mengurangi stress

Vitamin B6 hadir dalam akar teratai membantu dalam produksi dua hormon bahagia bernama serotonin dan dopamin. Hormon-hormon ini mempengaruhi otak secara positif dan membantu meningkatkan mood dengan mengurangi stres.

6. Memecahkan masalah kulit dan rambut

Vitamin B dan C hadir dalam akar teratai membantu membuat kulit bercahaya dan rambut halus. Vitamin ini memicu produksi kolagen dalam tubuh yang membantu meningkatkan kesehatan kulit dan membuat Anda terlihat lebih muda.

7. Mencegah degenerasi macula

Sifat antioksidan dari akar teratai membantu mencegah degenerasi makula. Termasuk akar lotus dalam makanan kita bermanfaat dalam mengobati semua jenis masalah mata dan peradangan.

8. Membantu dalam manajemen berat badan

Akar teratai kaya serat dan nutrisi penting. Ini membantu menjaga perut kenyang lebih lama dan mengelola dorongan kelaparan yang tidak perlu, menjaga berat badan tetap terkendali dan mencegah obesitas.

9. Meningkatkan kesehatan otak

Akar teratai mengandung vitamin B6 yang membantu menjaga kesehatan mental dengan mengatur suasana hati seseorang. Ini juga membantu mengendalikan stres dan sakit kepala.

10. Dapat membantu dalam pencegahan kanker

Vitamin C hadir dalam akar teratai membantu melestarikan struktur DNA dan menurunkan kelainan yang terkait dengan sel bermutasi yang mengakibatkan kanker. Dengan demikian, mengkonsumsi akar teratai bisa membantu cegah kanker.

Namun, di samping banyaknya manfaat akar teratai ini, para ahli medis juga memiliki efek samping. Sehingga, disarankan untuk tidak menggunakannya sebagai pengganti obat tradisional. Selain itu, hindari memakannya mentah karena dapat mengandung beberapa parasit berbahaya.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar