Seorang Pria Selamat Setelah Transplantasi 5 Organ

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Seorang Pria Selamat Setelah Transplantasi 5 Organ

llustrasi (Fox News)

Jumat, 20 Februari 2015 | 10:24

Analisadaily - Seorang pria asal Ceko berhasil diselamatkan setelah menjalani operasi selama sepuluh jam. Pria bernama Bartolomej ini menjalani operasi untuk mendapatkan transplantasi (pemindahan dari satu tubuh ke tubuh lain) lima organ sekaligus demi menyelamatkan hidupnya.

Bartolomej yang saat ini berusia 60 tahun, didiagnosis menderita sirosis hati lima tahun lalu. Sirosis adalah kondisi dimana hati harus mendapatkan transplantasi multi organ dan suplai darah.

BACA JUGA : Transplantasi Sumsum Tulang Bagi Penderita Leukimia

Dilaporkan Fox News, dokter dari Institute for Clinical and Experimental Medicine akhirnya berhasil melakukan transplantasi di bagian perut, usus kecil, limpa, pankreas dan hati untuk menyelamatkan hidup Bartolomej.

“Saya mudah kelelahan setelah bermain bola. Kesehatan saya semakin hari semakin memburuk. Namun, mereka membuat saya lebih baik dan merasa hidup lagi. Sebelumnya, saya harus pergi ke rumah sakit setiap tiga kali sehari untuk mengeringkan cairan di perut saya. Melakukan transplantasi menjadi hal yang tak terduga sebelumnya,” terang Bartolomej yang saat ini sedang menjalani masa pemulihan pasca operasi.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar