Sel Otak Lansia Masih Bisa Berkembang

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Sel Otak Lansia Masih Bisa Berkembang

Otak (Fox News)

Jumat, 6 April 2018 | 13:47

Analisadaily - Selama beberapa dekade, para peneliti percaya, penuaan otak berhenti membuat sel-sel baru. Penelitian baru justru mengklaim hal sebaliknya. Penelitian yang diterbitkan di Cell Stem Cell menyebutkan, otak yang semakin tua justru bisa menghasilkan banyak sel baru, seperti otak yang lebih muda.

"Ketika saya pergi ke sekolah kedokteran, mereka dulu mengajarkan kami tentang otak akan berhenti membuat sel-sel baru," kata peneliti Dr. Maura Boldrini, seorang ahli neurobiologi di Universitas Columbia.

"Penelitian pada tikus sebeliknya. Tikus yang lebih tua menghasilkan sel-sel saraf baru. Penelitian awal pada manusia juga menghasilkan hasil yang sama," lanjutnya, seperti dilansir dari Fox News, Jumat (6/4).

Boldrini dan rekan-rekannya mempelajari 28 otak yang berasal dari mayat orang sehat usia 14 hingga 79 tahun. Boldrini meneliti bagian hippocampi, area otak yang penting untuk belajar dan menyimpan memori.

"Otak manusia lebih besar dan lebih rumit. Otak yang lebih tua tidak sepenuhnya berubah. Meskipun banyak sel baru pada otak yang lebih muda, tidak jauh berbeda dengan mereka yang sudah lansia," lanjutnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar