Seekor Cacing Hidup di Mata Pria Ini

Penulis: Kiki Safitri | Editor: Lely Novita

Seekor Cacing Hidup di Mata Pria Ini

(Kiri) Cacing Loa loa tampak menggeliat di bola mata sang pria. (Kiri) Penampakan cacing Loa loa setelah dilakukan pembesaran mikroskopis. (Fox News)

Rabu, 13 Januari 2016 | 19:31

Analisadaily - Seorang pria mengeluhkan sakit pada matanya dan merasa penglihatannya berkurang dalam beberapa minggu. Setelah diperiksa, kabar mengejutkan datang karena dokter menemukan cacing hidup yang tinggal di dalam matanya.

Pria yang merupakan seorang penjual buah di India ini mengaku bahwa dirinya telah mengalami gejala tersebut selama dua minggu. Dia juga mengaku pandangannya terganggu pada mata kirinya, yang setelah diuji memiliki visi 20/160.

Menurut laporan yang diterbitkan di BMJ Case Reports, cacing itu bergerak secara serampangan dan tanpa henti di seluruh rongga vitreous. Namun, dokter berhasil mengangkat cacing tersebut dari mata pasien, sebagaimana dilansir dari Fox News, Rabu (13/1).

Menurut penulis studi, Dr Bhagabat Nayak, pasien diberi obat diethylcarbamazine selama 12 hari setelah pengangkatan, dan ketika pasien kembali untuk tindak lanjut setelah dua minggu, penglihatan pria ini meningkat menjadi 20/40.

Adapun cacing yang diidentifikasi hidup di mata pria ini adalah jenis Loa loa, parasit yang ditularkan oleh lalat yang berkembang biak di hutan hujan di bagian Barat dan Tengah Afrika.

Menurut penulis, ini adalah kasus pertama ada cacing yang hinggap di rongga vitreous mata, yang berada di belakang lensa dan di depan retina. Dokter berspekulasi bahwa cacing mungkin bermigrasi dari tahap-larva, baik dari darah melalui pembuluh silia atau dengan menggali lapisan bola mata dan tumbuh di sana.

Tags :

#Cacing #Mata

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar