Secara Alami, Hewan dapat Menghasilkan Tabir Surya

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Secara Alami, Hewan dapat Menghasilkan Tabir Surya

(Fox News)

Rabu, 13 Mei 2015 | 13:43

Analisadaily - Para peneliti di Oregon State University menemukan bahwa berbagai spesies hewan yang ditemukan di alam liar, secara alami memproduksi tabir surya bagi mereka sendiri.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal eLife tersebut, para ilmuwan mengamati bahwa ikan, reptil dan burung menghasilkan senyawa yang disebut gadusol yang berguna untuk memberikan perlindungan dari bahaya matahari.

"Manusia dan mamalia tidak memiliki kemampuan untuk membuat senyawa ini, tapi kami telah menemukan bahwa banyak spesies hewan lain mampu melakukannya," kata salah satu peneliti sekaligus profesor di OSU College of Pharmacy, Taifo Mahmud dilansir dari Fox News.

"Kemampuan untuk membuat gadusol, pertama kali ditemukan pada telur ikan. Kami tahu itu memberikan perlindungan UV-B sebagai bahan membuat tabir surya, UV-B berguna sebagai antioksidan, respons stres, perkembangan embrio dan fungsi lainnya."

Para peneliti juga menemukan cara alami menghasilkan gadusol dari ragi dengan cara diolah secara benar yang dapat dijadikan sebagai bahan utama pembuat berbagai jenis produk tabir surya, kosmetik atau produk farmasi lainnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar