Sebera Aman Anti Depresan Selama Hamil?

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

 Sebera Aman Anti Depresan Selama Hamil?

Ilustrasi (Fox news)

Kamis, 4 Mei 2017 | 11:15

Analisadaily - Tidak jarang wanita hamil dihadapkan pada pilihan sulit. Mengambil obat atau tidak mengonsumsi obat karena menjaga bayinya. Terkadang, pilihan mengonsumsi obat tidak dapat dihindari, termasuk mengonsumsi obat anti depresan.

Bagi wanita yang mengonsumsi obat anti depresi selama kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi terkena autisme. Penelitian di Kanada terhadap lebih dari 140.000 bayi menghubungkan obat anti-depresan dan autism.

Memang, hasil penelitian tidak menunjukkan adanya hubungan langsung dari sebab-akibat dari obat anti depresan. Namun, peneliti melihat adanya potensi yang berkaitan dengan faktor genetik.

Dilansir dari Fox News, Kamis (04/5), dokter meresepkan obat anti-depresan jika seseorang menunjukkan tanda-tanda depresi berkepanjangan yang dikombinasikan dengan kecemasan, rasa bersalah, pikiran untuk bunuh diri, dan banyak gejala mental dan fisik lain yang melemahkan.

Wanita hamil harus mendiskusikan obat anti depresi pada dokter kandungan. Jika seorang wanita hamil memilih untuk menghentikan pengobatan, maka dia juga harus bertanya pada dokter, terapi apa yang baik baginya dan janin untuk menghilangkan depresi.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar