Scan Otak Bisa Deteksi Autisme Pada Anak

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Scan Otak Bisa Deteksi Autisme Pada Anak

Ilustrasi (BBC)

Kamis, 16 Februari 2017 | 14:03

Analisadaily - Scan otak bisa mendeteksi autisme jauh sebelum gejala muncul. Autisme dapat dideteksi pada anak usia dua tahun.

Penelitian ini mengamati 148 anak, termasuk mereka yang berisiko tinggi terkena autis karena memiliki saudara dengan gangguan tersebut. Semua anak menjalani scan otak pada usia 6, 12 dan 24 bulan.

Peneliti menemukan perbedaan awal di bagian otak yang bertanggung jawab atas fungsi-fungsi tingkat tinggi seperti, bahasa dan korteks serebral pada anak-anak yang bisa didiagnosis dengan autisme.

Dr. Heather Hazlett, salah seorang peneliti dari University of North Carolina, Amerika Serikat mengatakan, scan otak yang dilakukan pada tahun pertama masih relatif sederhana.

"Tahun kedua sudah cukup terlihat. Ini memberikan kita perbedaan otak anak-anak pada tahun kedua dan tahun-tahun berikutnya," kata Dr. Hazlett, dilansir dari BBC, Kamis (16/2).

Penelitian ini membuka jalan untuk kemungkinan terjadinya perubahan besar dalam mendiagnosis autisme. Menjalani scan otak pada anak-anak yang berisiko mengalami autisme terbukti efektif.

Jika bisa didiagnosis lebih awal, maka terapi perilaku seperti pelatihan dari orang tua untuk menerapkan cara-cara baru berinteraksi dapat diperkenalkan ketika anak mulai aktif.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar