Satu Juta Anak di Yaman Berisiko Terkena Korela

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Satu Juta Anak di Yaman Berisiko Terkena Korela

Anak di Yaman terancam terkena Korela (BBC)

Minggu, 6 Agustus 2017 | 11:26

Analisadaily - Badan amal Save Children memperingatkan petugas kesehatan untuk lebih waspada karena satu juta anak di Yaman berisiko tinggi terkena korela. Akibat peperangan yang terjadi di sana, anak-anak kekurangan gizi yang parah.

“Lebih dari satu juta anak di Yaman berisiko tinggi meninggal akibat kolera,” kata perwakilan Save the Children, seperti laporan dari BBC, Minggu (06/8).

Anak-anak kurang gizi setidaknya tiga kali lebih mungkin meninggal jika mereka terinfeksi kolera. Itu karena sistem kekebalan tubuh melemah, sehingga anak tidak mampu melawan penyakit yang ditularkan melalui air tersebut.

Lebih dari 1.900 orang telah meninggal karena korela sejak April. Sepertiga dari mereka berusia di bawah 15 tahun.

“Kolera seharusnya mudah diobati. Namun gizi buruk membuatnya menjadi sulit. Masalah utamanya adalah di malnutrisi,” kata Tamer Kirolos, direktur Save the Children untuk Yaman.

"Semakin sulit karena rumah sakit dan klinik telah hancur. Petugas kesehatan pemerintah belum dibayar selama hampir satu tahun, dan pengiriman bantuan terhambat."

PBB mengatakan, 70% dari populasi atau sekitar 20 juta orang, membutuhkan bantuan kemanusiaan dan 60% dari mereka belum tahu mendapatkan makanan dari mana.

"Secara historis, Yaman telah menjadi salah satu negara Arab termiskin karena pemerintahan yang buruk dan infrastruktur buruk. Perang telah membuat keadaan menjadi jauh lebih buruk," kata Lootsma, perwakilan dari PBB.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar