Sarapan Kue Cokelat Bisa Turunkan Berat Badan

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Lely Novita

Sarapan Kue Cokelat Bisa Turunkan Berat Badan

Kue Cokelat (Telegraph)

Jumat, 5 Februari 2016 | 18:24

Analisadaily - Sarapan buah atau sayur-sayuran menjadi kebiasaan bagi siapa saja yang ingin menurunkan berat badan. Selain buah dan sayur, mungkin ini akan menjadi kabar baik bagi Anda yang tetap mengutamakan rasa, namun harus menjaga berat badan.

Makan kue cokelat sebagai sarapan ternyata dapat membantu menurunkan berat badan. Pagi adalah waktu terbaik untuk mengkonsumsi makanan bergizi, karena saat itulah metabolisme tubuh paling aktif. Sisanya, tubuh harus bekerja aktif mengolah kalori.

Para peneliti membagi 193 kasus obesitas dan membaginya menjadi dua kelompok dewasa non-diabetes, di mana seseorang mengkonsumsi rendah karbohidrat. Dua kelompok adalah mereka yang sarapan 300 kalori dan kalori seimbang, sekitar 600 kalori. Kedua kelompok mengkonsumsi makanan penutup kue cokelat.

Selama 32 minggu pertama penelitian, kedua kelompok telah kehilangan rata-rata 33 lbs per orang. Tapi di babak kedua kelompok 300 kalori kembali kehilangan berat badan 22 lbs per orang. Sementara kelompok 600 kalori hanya kehilangan 15 lbs.

Pada akhirnya, mereka yang telah mengkonsumsi sarapan 600 kalori telah kehilangan rata-rata 40 lbs lebih per orang. Penelitian menunjukkan bahwa mereka juga berhasil menjaga berat badan.

“Tapi kelompok yang mengkonsumsi sarapan lebih besar, termasuk makanan penutup, mengalami sedikit hasrat untuk makanan lain di kemudian hari,” kata Professor Daniela Jakubowicz dari Tel Aviv University, dilansir dari Telegraph, Jumat (5/2).

Jenis makan di pagi hari memberikan energi untuk aktivitas sepanjang hari, membantu fungsi otak dan memperbaiki metabolisme tubuh. Sarapan adalah aktivitas yang paling berhasil mengatur ghrelin dan hormon yang meningkatkan rasa lapar.

Kue cokelat di pagi hari tidak hanya baik untuk fungsi tubuh tetapi juga meredakan keinginan untuk makan berkalori tinggi di siang hari.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar