Salah Gunakan Lensa Kontak Timbulkan Kerusakan Mata

Penulis: Christison Sondang Pane | Editor: Eka Azwin Lubis

Salah Gunakan Lensa Kontak Timbulkan Kerusakan Mata

Ilustrasi (Fox News)

Sabtu, 20 Agustus 2016 | 09:33

Analisadaily - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) melaporkan, banyak pengguna lensa kontak yang menyalahgunakan pemakaiannya.

Mereka menilai, bila lensa kontak disalahgunakan, maka akibatnya bisa sangat fatal pada mata si pengguna.

Banyak kasus yang diterima CDC terkait penggunaan lensa kontak yang tidak pada waktunya. Misalnya ada yang memakai saat tidur dan ada juga yang menggunakannya saat berenang.

"Meski lensa kontak adalah alat yang aman pada mata, tapi tetap dapat menimbulkan risiko infeksi jika tidak dipakai dengan baik," kata juru bicara CDC, dilansir dari FoxNews, Sabtu (20/8).

Oleh sebab itu, CDC dan Food and Drug Administration (FDA) menyarankan agar penggunaan lensa kontak sesuai dengan rekomendasi medis.

"Kegiatan promosi kesehatan harus fokus pada menginformasikan penggunaan lensa kontak dari perilaku umum, termasuk tidak memakai saat tidur dan mandi," imbuhnya.

Risiko yang ditimbulkan jika lensa kontak disalahgunakan adalah terjadinya infeksi mata dan pathogen yang sering memunculkan bakteri psudomonas, acanthamoeba, fusarium dan staphylococcus. Jenis bakteri ini sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan kebutaan.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar