Sabun atau Hand Sanitisers, Mana yang Lebih Bersih?

Penulis: Ria Situmorang | Editor: Lely Novita

Sabun atau Hand Sanitisers, Mana yang Lebih Bersih?

Ilustasi (Star2)

Kamis, 11 Februari 2016 | 12:07

Analisadaily - Menurut United States Centers for Disease Conrol and Prevention (CDC), mencuci tangan secara teratur adalah salah satu cara terampuh menghindari penyakit. Namun, manakah pembersih yang bisa membunuh kuman paling banyak? Sabun atau hand sanitisers?

Jawaban yang tepat adalah hanya dengan mencuci tangan dengan sabun biasa ditambah dengan teknik mencuci tangan yang baik yang dapat menghindarkan Anda dari penyebaran virus dan bakteri.

“Anda tidak perlu memakai sabun antibakteri karena sabun biasa pun bisa membunuh organisme berbahaya penyebab penyakit,” tulis Dr. Peggy Decker, dokter anak dari Amerika Serikat dalam artikel terbarunya yang dipublikasikan dalam Infectious Diseases Society of America.

Namun bagi industri rumah sakit, penanganan seperti ini memiliki cara yang berbeda. Karena tingginya kandungan alkohol di dalam hand sanitisers, ada beberapa bukti bahwa sabun jenis ini jauh lebih bersih dalam membunuh kuman, namun anak-anak dilarang menggunakannya tanpa pengawasan.

Beberapa ahli menyarankan untuk membatasi anak menggunakan hand sanitisers, terutama bagi anak di bawah dua tahun. Selain itu, harus diingat bahwa slkohol adalah cairan yang mudah terbakar, jadi hand sanitisers harus disimpan jauh dari sumber api dan panas.

“Karena kandungan alkohol yang tinggi pada hand sanitisers, keracunan alkohol mungkin bisa disebabkan oleh kontaminasi hand sanitisers dengan minuman. Beberapa menggunakannya saat kulit iritasi yang pada dasarnya makin memperlambat perbaikan kulit,” tulisnya lagi, dilansir dari laman Star2, Kamis (11/2). 

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar