Rutin Jogging Mampu Cegah Penuaan Biologis

Penulis: Reza Perdana

Rutin Jogging Mampu Cegah Penuaan Biologis

Ilustrasi (Boldsky)

Senin, 15 Mei 2017 | 21:56

Analisadaily - Pria dan wanita yang melakukan jogging selama 40 sampai 30 menit setiap hari selama lima hari dalam seminggu, memungkinkan dapat memperpanjang usia hingga sembilan tahun dan tampak lebih awet muda.

Dilansir dari Boldsky, Senin (15/5) menurut sebuah riset, orang dewasa dengan tingkat aktivitas fisik yang tinggi cenderung memiliki usia lebih panjang, dibandingkan mereka yang sangat minim beraktivitas seperti berolahraga.

"Kami semua mengenal orang-orang yang tampak lebih muda dari usia sebenarnya. Semakin aktif secara fisik, semakin sedikit penuaan biologis yang terjadi di tubuh kita," kata seorang Profesor di Universitas Brigham Young, AS, Larry Tucker.

"Jika Anda ingin melihat perbedaan nyata dalam memperlambat penuaan biologis, tampaknya sedikit latihan tidak akan memotongnya. Anda harus berolahraga secara teratur pada tingkat tinggi," tambahnya.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal medis Preventive Medicine, periset menganalisis data dari 5.823 orang dewasa. Wanita yang melakukan jogging selama 30 menit per hari dan pria yang berolahraga 40 menit, selama lima hari dalam seminggu, aktivitas fisik secara konsisten memiliki telomere yang jauh lebih lama.

Telomere adalah protein endcaps kromosom yang sangat berkorelasi dengan usia. Semakin tua, semakin pendek telomere seseorang. Telomere terpendek berasal dari orang-orang yang tidak banyak duduk, dan memiliki 140 pasang DNA dasar di ujung telomere daripada orang yang sangat aktif.

Meskipun mekanisme yang tepat untuk bagaimana olahraga mempertahankan telomere tidak diketahui, Tucker mencatat, hal itu mungkin terkait dengan pembengkakan dan stres oksidatif.

"Kami tahu bahwa aktivitas fisik reguler membantu mengurangi angka kematian dan memperpanjang umur, dan sekarang kita tahu bagian dari keuntungan itu mungkin karena pelestarian telomere," tandas Tucker.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar