Roti Bisa Bikin Gemuk?

Penulis: Ria Situmorang | Editor: Lely Novita

Roti Bisa Bikin Gemuk?

Ilustrasi roti (pngimg)

Rabu, 23 Desember 2015 | 13:43

Analisadaily - Selama beberapa tahun terakhir, para ahli menemukan hubungan yang erat antara konsumsi roti dengan penambahan lemak. Mitos pun mengungkapkan bahwa seringkali makanan yang kerap kita santap di pagi hari ini dianggap jahat di dunia kesehatan.

Beberapa orang mengatakan roti adalah sumber serat dan karbohidrat yang tinggi yang seharusnya Anda konsumsi. Namun, benarkah roti bisa membuat Anda gemuk?

Roti tawar konvensional berwarna putih sebenarnya dibuat dari tepung halus yang kaya akan nutrisi dan serat, sehingga roti dapat dicerna dengan cara yang cepat dan menaikkan kadar gula darah. Karena gula darah dalam tubuh meningkat, tubuh cenderung lebih banyak menghasilkan insulin untuk menyerap lebih banyak energi yang tersimpan.

Dengan peningkatan gula darah yang terus menerus terjadi, bukan tidak mungkin hal ini akan menyebabkan penyakit diabetes tipe 2 serta penimbunan lemak yang lebih banyak di areal yang tidak Anda inginkan.

Roti gandum adalah pilihan alternatif untuk Anda yang ingin mengkonsumsi roti dengan cara yang lebih sehat. Roti gandum memiliki kandungan serat yang lebih banyak dibandingkan roti putih kebanyakan.

Roti jenis ini, seperti yang dilansir dari laman Times of India, Rabu (23/12), mengandung nutrisi dan mineral yang dapat mencegah penyakit kronis seperti kanker, diabetes bahkan obesitas.

Roti gandum (recipeshubs)

Roti gandum (recipeshubs)

Roti gandum tidak akan membuat kadar gula Anda meningkat seperti halnya roti konvensional lainnya. Namun sebelum memakannya, periksa terlebih dahulu label nutrisi dan pastikan roti yang Anda pilih tidak mengandung lemak trans dan memiliki kadar protein tinggi serta lemak dan kadar gula yang rendah.

Jadi, jawaban dari pertanyaan apakah roti bisa membuat Anda gemuk adalah benar. Namun Anda hanya akan gemuk ketika mengkonsumsinya secara berlebihan. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk makan 2-4 irisan roti per harinya tergantung asupan kalori yang Anda butuhkan. 

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar