Robot Kaspar Bantu Anak Autis Bersosialisasi

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Robot Kaspar Bantu Anak Autis Bersosialisasi

Robot Kaspar (Fox News)

Minggu, 2 April 2017 | 13:15

Analisadaily - Robot Kaspar buatan Inggris hadir di sekolah khusus anak-anak autis. Robot ini sengaja diciptakan untuk anak-anak penderita autis agar mereka lebih mudah dalam mengenal lingkungan sosial.

Robot Kaspar dikembangkan oleh University of Hertfordshire untuk membantu anak autis dalam bersosialisasi di lingkungan mereka dengan kemampuan menyanyikan lagu, meniru cara makan, memainkan rebana dan menyisir rambut.

Robot ini juga bisa memberikan interaksi balasan saat anak autis melakukan hal-hal kasar kepada robot, misalnya memukul robot.

"Aduh, itu menyakiti saya," robot akan berkata seperti itu lalu menangis saat dipukul.

"Visi kami membuat setiap anak autis di sekolah atau di rumah bisa lebih berinteraksi dan bersosialisasi," kata pakar di Universitas Hertfordshire, Kerstin Dautenhahn, dilansir dari Fox News, Minggu (2/4).

"Kami mencoba mengajarkan seorang anak kecil tentang cara makan dengan teman-temannya. Dia biasanya sulit melakukan itu karena masalah kecemasan," kata wakil kepala sekolah Alice Lynch yang menghadirkan Robot Kaspar.

Banyak anak penderita autisme yang merasa kesulitan dalam melakukan komunikasi dasar dan mengatur emosi.

"Robot ini adalah salah satu dari sejumlah teknologi yang muncul dan memiliki potensi untuk membuat perbedaan besar untuk spektrum autisme," tandasnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar