Risiko Hamil Pada Usia 40 Tahun ke Atas

Penulis: Nancy Simangunsong | Editor: Eka Azwin Lubis

Risiko Hamil Pada Usia 40 Tahun ke Atas

llustrasi (The Guardian)

Minggu, 21 Februari 2016 | 10:21

Analisadaily - Wanita yang menunda kehamilan hingga usia 40 tahun atau lebih, berpotensi lebih besar mengalami serangan jantung hingga stroke.

Hal ini terungkap dalam penelitian yang dipresentasikan oleh American Stroke Association di Los Angeles. Para peneliti memeriksa data lebih dari 72.000 wanita, dimana 3.300 diantaranya hamil ketika berusia cukup tua.

Para peneliti kemudian membandingkan kemungkinan mereka terkena stroke, serangan jantung dan kematian dengan wanita yang hamil pada usia 12 tahun lebih muda.

Mereka menemukan fakta, wanita yang hamil di usia lebih muda, memiliki risiko stroke 3,8% lebih rendah dari wanita yang hamil di atas usia 40 tahun.

Kesempatan terkena serangan jantung dan kardiovaskular juga meningkat bagi wanita yang hamil di usia 40 ke atas tahun ke atas hingga 2,3%.

"Wanita yang lebih tua lebih mungkin mengalami masalah kesehatan selama kehamilan dibandingkan wanita yang lebih muda," kata Prof Adnan Qureshi, peneliti utama seperti dilansir dari The Guardian, Minggu (21/1).

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar