Risiko Berbahaya Mengonsumsi Kentang Goreng

Penulis: Ria Situmorang | Editor: James P Pardede

Risiko Berbahaya Mengonsumsi Kentang Goreng

Kentang goreng (123rf)

Kamis, 3 Desember 2015 | 18:30

Analisadaily – Untuk Anda pencinta kentang goreng, berhati-hatilah karena ternyata makanan ini bisa menyebabkan risiko kesehatan jangka panjang bagi tubuh Anda.

Kentang goreng mengandung akrilamida, bahan kimia yang ternyata adalah penyebab penyakit kanker. Badan Internasional Penelitian Kanker bahkan beranggapan bahwa bahan kimia ini hampir mirip dengan karsinogen.

Yi Wang, peneliti dari Universitas Idaho berusaha untuk mengidentifikasi kentang goreng yang tidak mengandung akrilamida dan hasilnya nihil.

Kentang-kentang yang dipanen diteliti dalam laboratorium dan digoreng untuk mengamati berapa banyak akrilamida yang akan terbentuk.

Para peneliti menemukan bahwa akrilamida berhubungan dengan standar varietas keturunan kentang itu sendiri.

"Tantangan yang sebenarnya adalah bukan hanya menemukan karakteristik varietasnya tapi juga  hasil produk yang sesuai dengan standar industri makanan," jelas Wang.

Para peneliti sampai saat ini masih berharap untuk menemukan gen kentang yang mengandung akrilamida lebih sedikit dan cara untuk menurunkan kadar akrilamida itu sendiri.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Crop Science yang dilansir dari laman Times of India, Kamis (3/12) kadar akrilamida makin banyak terbentuk ketika kentang digoreng dengan suhu yang tinggi. Tidak hanya terbatas pada kentang goreng, keripik kentang juga memiliki kandungan berbahaya ini.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar