Reklasifikasi Kanker Demi Pengobatan Lebih Baik

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Reklasifikasi Kanker Demi Pengobatan Lebih Baik

Ilustrasi (BBC)

Senin, 9 April 2018 | 12:19

Analisadaily - Kanker seharusnya tidak lagi dikategorikan dari mana pertama kali dibentuk di dalam tubuh. Tetapi sebaliknya, dikategorikan karena kesamaan jenis.

Sebuah penelitian terhadap 33 jenis kanker dari lebih dari 10.000 pasien menemukan, kanker yang direklasifikasi ke dalam 28 kelompok terbagi dalam molekul serupa, yang pada akhirnya dapat memudahkan dokter mengobati pasien.

Reklasifikasi pada akhirnya akan mengarah pada perawatan yang lebih baik dan lebih bertarget. Kanker secara tradisional telah digolongkan sesuai dengan bagian tubuh, seperti payudara atau paru-paru.

Pan-Cancer Atlas, salah satu ilmuan yang melakukan penelitian mengklaim, bisa melihat persamaan dan perbedaan kanker dari tingkat genetik dan seluler. Hampir dua pertiga kluster kanker yang memiliki kesamaan molekuler ditemukan di lebih dari satu area tubuh.

Jenis Obat

Prof Christopher Benz, dari Buck Institute for Research on Aging di California, mengatakan, jenis obat yang digunakan juga akan lebih fokus untuk mengobati kanker berdasarkan jenisnya.

"Penelitian yang sesungguhnya adalah mempraktekkan pengetahuan dan mencari tahu apakah cara merawat pasien sesuai jenis kanker lebih bisa membantu menyelamatkan banyak nyawa," katanya, seperti dilansir dari BBC, Senin (9/4).

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar