Rasa Optimis Sangat Bermanfaat Bagi Penderita Jantung

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Rasa Optimis Sangat Bermanfaat Bagi Penderita Jantung

Ilustrasi (Fox News)

Sabtu, 17 Desember 2016 | 09:49

Analisadaily - Optimis tidak dapat dipandang dari segi kesehatan mental semata. Namun, pengaruh dari rasa optimis ternyata sangat luar biasa.

Bagi mereka yang terkena serangan jantung, disinyalir bisa bertahan hidup lebih lama jika selalu optimis. Sebab itu, para medis diharapkan mulai mempertimbangkan pelatihan optimisme kepada pasien serangan jantung ke depan.

"Penting untuk dicatat, optimisme bukan hanya cahaya untuk seluruh dunia. Optimis cenderung mengurangi risiko dan mengatasi serangan jantung," kata seorang peneliti, Yariv Gerber, dilansir dari Fox News, Sabtu (17/12).

Orang yang optimis cenderung lebih berani menghadapi tantangan, seperti membuat perubahan gaya hidup dan berani melakukan pencegahan-pencegahan untuk serangan jantung tahap selanjutnya. Selain itu, rasa optimis juga dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Orang-orang yang paling optimis juga lebih memungkinkan untuk dididik, bekerja dan memiliki dukungan sosial lebih tinggi. Sementara, rasa tidak optimis justru dikaitkan pada depresi dan tingginya konsumsi rokok yang membahayakan jantung.

"Peneliti lain menunjukkan, optimisme dan emosi positif emosi bisa memiliki efek pada biologis seseorang. Kita tetap membutuhkan penelitian tambahan," jelas pakar medis, Rasmussen.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar