Rahasia Hidup Lebih Lama dan Lebih Sehat

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Rahasia Hidup Lebih Lama dan Lebih Sehat

Ilustrasi (Fox News)

Senin, 6 Agustus 2018 | 12:11

Analisadaily - Memang, kematian tidak dapat dihindari. Pada tahun 1900 harapan hidup rata-rata di Amerika Serikat hanya 46,3 tahun untuk pria dan 48,3 tahun untuk wanita. Pada 2017 harapan hidup meningkat menjadi 76 tahun untuk pria dan 81 untuk wanita.

Meningkatkan harapan hidup tidak terlepas dari bagaimana manusia menjalankan hidup dan bagaimana mereka memilih hidup lebih sehat. Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan medis, vaksinasi dan tes kesehatan secara rutin.

Sayangnya, banyak orang yang melewatkan ketiga peran ini. Banyak masyarakat lebih menunjukkan perilaku menghindar. Beberapa orang tidak sadar bahwa mereka memerlukan tes kesehatan rutin atau perawatan tertentu.

Sebagian lagi justru tidak ingin mengetahui penyakit yang dia derita. Padahal, jika diketahui lebih dini, maka penanganan yang tepat dapat diambil lebih cepat. Hidup tidak sehat semakin membuat risiko kematian semakin tinggi karena kebiasaan tidak sehat, misalnya merokok dan tidak menjaga pola makan.

Misalnya, 36 juta orang masih merokok. Ini sangat meningkatkan peluang untuk mengembangkan 17 jenis kanker, termasuk kanker paru-paru. Epidemi kesehatan yang tinggi di kalangan masyarakat lainnya adalah diabetes.

Diperkirakan 400 juta juta orang menderita diabetes. Sebanyak 8,1 juta orang tidak tahu mereka mengidap penyakit tersebut.

Apa yang bisa kita lakukan? Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of General Internal Medicine pada 2015 memiliki beberapa saran penting.

"Pendidikan tentang pentingnya mencari perawatan kesehatan preventif dan pemeriksaan rutin adalah yang utama," kata Dr. Marc Siegel, seperti dilansir dari Fox News, Senin (6/8).

Selain itu, akses layanan kesehatan harus dibuat lebih ramah-pengguna. Perlu ada lebih banyak ruang untuk komunikasi dan umpan balik pasien.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar