Pusing Ketika Bangun Tingkatkan Risiko Demensia

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Christison Sondang Pane

Pusing Ketika Bangun Tingkatkan Risiko Demensia

Ilustrasi (Fox News)

Senin, 30 Juli 2018 | 11:52

Analisadaily - Mungkin Anda pernah merasakan pusing ketika bangun dari tidur? Ternyata, pusing yang dirasakan itu tidak bisa dianggap remeh. Sebab, penelitian terbaru menyatakan rasa itu bisa meningkatkan risiko demensia di masa tua.

Pusing disebabkan penurunan tekanan darah secara tiba-tiba, yang dikenal sebagai Orthostatic Hypotension (OH). Peneliti Andreea Rawlings mengatakan, OH sebelumnya dikaitkan dengan penyakit jantung.

"Mengukur Orthostatic Hypotension pada usia paruh baya mungkin merupakan cara baru untuk mengidentifikasi orang-orang yang perlu dimonitor secara hati-hati untuk demensia atau stroke," kata Andreea.

"Lebih banyak penelitian diperlukan untuk menjelaskan apa yang mungkin menyebabkan adanya hubungan ini, serta untuk menyelidiki kemungkinan strategi pencegahan,” lanjutnya dilansir dari Fox News, Senin (30/7).

Salah satu keterbatasan penelitian adalah bahwa peserta diuji untuk OH hanya selama pemeriksaan awal, sehingga mungkin tidak mencerminkan perubahan tekanan darah dari waktu ke waktu.

Kepala eksekutif dan kepala perawat di Dinas Dementia Inggris, Dr. Hilda Hayo, mengatakan, penelitian ini menambah bukti terhadap tekanan darah rendah sebagai faktor risiko potensial untuk demensia pada beberapa orang.

"Saran untuk menjaga jantung dan pembuluh darah tetap sehat sebagai bentuk mencegah timbulnya demensia berlaku untuk semua orang,” kata Dr. Hilda.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar