Proses Tumbuh Kembang Anak Butuh Nutrisi Tepat

Penulis: Reza Perdana

Proses Tumbuh Kembang Anak Butuh Nutrisi Tepat

Aktivitas anak-anak didampingi dokter spesialis tumbuh kembang anak dan psikolog.

Sabtu, 4 Maret 2017 | 19:24

Analisadaily (Medan) - Dalam proses tumbuh kembang kehidupan seorang anak, banyak hal yang harus dilakukan orang tua. Salah satunya soal mengatur nutrisi yang tepat agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Dokter spesialis tumbuh kembang anak, dr. Bernie Endayarni Medise, SpA (K) mengatakan, untuk mengatur agar nutrisi bagus terhadap anak dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari, ada namanya piramida makanan seimbang.

Jika digambarkan, lanjutnya, pada bagian bawah ada aktivitas fisik yang kemudian jenis-jenisnya. Pada dasarnya harus minum berapa gelas air putih, karbohidrat, protein berapa persen dan lemak, kemudian ada vitamin dan mineral sebagai mikronutrien atau zat yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit.

“Tentunya di sana ada juga bagiannya susu. Maksudnya, kalau dulu kita melulu soal nutrisi saja, sekarang supaya apa yang kita masukkan ke tubuh tercukupi, harus cukup juga untuk kebutuhan anak,” kata dr. Bernie dalam acara Nestle Dancow Explore your World di Medan, Sabtu (4/3).

“Di piramida makanan seimbang, juga menyediakan aktivitas fisik untuk anak agar nutrisi yang masuk diharapkan seimbang dengan apa yang dibutuhkan. Pemilihan nutrisi harus seperti idealnya,” lanjutnya.

Orangtua memantau aktivitas anak.

Orang tua memantau aktivitas anak.

dr. Bernie juga mengatakan, ada juga yang disebut my plate atau piringku. Di my plate, digambarkan berapa persen karbohidrat yang dibutuhkan, berapa porsi dari sayuran, kemudian berapa porsi dari protein.

“Nah ini harus tercukupi, kalau satu kali makan, sebaiknya anak tercukupi dengan komposisi seperti itu. Karena karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh, sayuran sebagai sumber vitamin dan mineral juga dibutuhkan oleh tubuh, juga mikronutrien tadi, ada protein, lemak, vitamin dan mineral,” ucapnya.

dr. Bernie menjelaskan, secara garis besar ada makronutrien atau zat kimia yang memberikan kalori untuk energi termasuk karbohidrat, protein dan lemak, juga ada mikronutrien. Kedua-duanya harus tercukupi.

“Jangan sampai makronutrien-nya kita kasih, kemudian anaknya bagus, segalanya bagus, tetapi sebenarnya dia defisiensi mikronutrien. Nah itu juga bahaya,” jelasnya.

Aktivitas anak-anak.

Aktivitas anak-anak.

Sebagai mitra terpercaya orang tua dalam memastikan tumbuh kembang optimal anak, Nestle Dancow menghadirkan inovasi terbarunya, Advanced Excelnutri+ yang memiliki kandungan Lactobacillus rhamnosus hingga tiga kali lebih tinggi dari sebelumnya.

Lactobacillus rhamnosus adalah bakteri baik yang dapat membantu menjaga saluran pernafasan dan saluran cerna anak. Menjaga asupan bakteri baik sangat penting, karena tubuh yang terlindungi dapat menjadi fondasi fundamental untuk mendukung proses belajar dan pertumbuhan fisik anak,” terang dr. Bernie.

Senior Brand Manager Dancow Advanced Excelnutri+ Nestle Indonesia, Riza Nopalas menambahkan, pihaknya percaya ada tiga elemen yang mempengaruhi tumbuh kembang anak, yaitu nutrisi, stimulasi serta cinta ayah dan bunda.

“Kami harap inovasi terbaru yang didukung Nestle Research Center ini dapat membantu si kecil mencapai tumbuh kembang yang optimal dari sisi nutrisi,” tandasnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar