Pria Ini Termakan Cacing Anisakis di Ikan Mentah

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Pria Ini Termakan Cacing Anisakis di Ikan Mentah

Sushi (Fox news)

Minggu, 14 Mei 2017 | 11:41

Analisadaily - Seorang pria berusia 32 tahun di Portugal dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami sakit perut, muntah dan demam. Setelah diperiksa, dia terinfeksi parasit yang ditemukan pada ikan mentah.

Parasit itu disebut Cacing Anisakis. Menggunakan endoskopi, dokter memeriksa saluran pencernaan pria tersebut. Parasit terlihat menempel pada lapisan ususnya. Penyakit yang disebabkan cacing ini dikenal dengan anisakiasis.

Sebelumnya, kasus anisakiasis terjadi di Jepang karena kebiasaan makan. Dilaporkan dari Fox News, Minggu (14/5), penyakit ini lebih banyak berkembang di negara-negara Asia.

Makanan yang biasanya mengandung parasit ini ikan kod, haddock, fluke, salmon, herring, flounder dan cumi-cumi. Karena parasit ini ditemukan pada ikan, siapa pun yang makan ikan mentah atau memakannya dengan sajian tidak matang berisiko tertular parasit.

Pihak kesehatan merekomendasikan memasak makanan laut dengan suhu internal 145 derajat Fahrenheit (63 derajat Celcius). Ikan beku pada suhu minus 4 derajat F (minus 20 derajat C) juga cukup membunuh parasit.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar