Polusi Suara Berisiko Serangan Jantung

Penulis: Ria Situmorang

Polusi Suara Berisiko Serangan Jantung

Ilustrasi (doubtfulnews)

Minggu, 17 Juli 2016 | 20:41

Analisadaily – Di kota metropolitan yang tidak pernah tidur, masalah polusi suara kerap kali menjadi masalah yang sampai-sampai bisa menyebabkan serangan jantung bagi sebagian orang.

Kardiologis Dr Brian Pinto mengatakan serangan jantung tidak hanya dihubungkan dengan kolesterol tapi juga masalah gangguan lain seperti polusi suara.

“Polusi suara sama seperti polusi udara yang berukuran nano dan merangsang otak untuk mengeluarkan hormon yang dapat menghasilkan vasospasme atau penyempitan pembuluh darah secara tiba-tiba yang akhirnya mengarah pada ateroklerosis,” ujar Pinto.

Studi yang dilakukan di Jerman juga menjelaskan bahwa polusi suara yang kerap kali terjadi di jalan raya dapat meningkatkan risiko serangan jantung tiba-tiba bagi kaum urban.

“Polusi suara bisa menyebabkan kematian akibat serangan jantung lebih banyak dibandingkan yang kita pikirkan sebelumnya,” kata ahli jantung, Dr Ramakanta Panda dari Asia Heart Hospital, Bandra seperti yang dilansir dari laman Times of India, Minggu (17/7).

Sebelumnya penelitian di Denmark menuturkan setiap kelipatan 10 desibel polusi suara akibat volume lalu lintas  bisa meningkatkan risiko serangan jantung sebanyak 12 % yang juga telah disahkan oleh lembaga kesehatan dunia WHO.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar