Pil Khusus Morning Sickness Dipertanyakan

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Pil Khusus Morning Sickness Dipertanyakan

Ilustrasi (Fox News)

Kamis, 5 Januari 2017 | 11:48

Analisadaily - Pil khusus untuk mencegah morning sickness yang sudah ada sejak tahun 1970-an untuk ibu hamil kini dipertanyakan kembali oleh beberapa peneliti.

Setelah melakukan uji coba dan penelitian mendalam kepada ribuan ibu hamil, obat ini dinyatakan kurang efektif. Meski sudah puluhan tahun digunakan.

Obat ini direkomendasikan sebagai pengobatan lini pertama untuk mual dan muntah selama kehamilan.

"Kami sekarang memberikan informasi lebih lanjut tentang penelitian di tahun 1970 yang membuat kami mempertanyakan, apakah obat ini harus disetujui dan apakah itu pernah terbukti efektif selama kehamilan," kata seorang peneliti di Rumah Sakit St Michael dan University of Toronto di Kanada, Dr. Navindra Persaud.

Pil mengandung pyridoxine-doxylamine dan wanita hamil lebih baik diminta untuk berkonsultasi dengan dokter mereka terkait obat.

Dilansir dari Fox News, Kamis (5/01), meski penelitian meragukan efektifitas obat, tidak semua dokter setuju dengan penilaian ini.

"Penelitian menunjukkan, doxylamine dan piridoksin adalah pengobatan yang efektif untuk mual dan muntah selama kehamilan," kata seorang peneliti di Harvard Medical School dan Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, Dr Siripanth Nippita.

"Berdasarkan penelitian yang melibatkan lebih dari 200.000 perempuan, kami dapat mengatakan doxylamine dan piridoksin aman untuk dikonsumsi selama kehamilan," tambahnya.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar