Pil KB Bisa Picu Stroke

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Pil KB Bisa Picu Stroke

Pil KB (Fox News)

Selasa, 18 April 2017 | 09:25

Analisadaily - Seorang wanita asal Preston, Inggris, terkena stroke akibat pil KB yang dikonsumsinya selama lebih dari satu tahun. Pil KB yang dikonsumsi wanita bernama Natalie Trickett itu termasuk pil microgynon.

Setelah melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Royal Blackburn, dokter menyatakan Natalie terkena stroke akibat pil KB yang dikonsumsinya telah membekukan darah. Penyebab lain tidak teridentifikasi karena Natalie bukan wanita perokok dan peminum alkohol.

"Tidak ada alasan lain baginya menderita stroke di usia muda," kata dokter di Rumah Sakit Royal Blackburn, dilansir dari Fox News, Selasa (18/4).

"Saya sangat terkejut, panik dan pingsan. Semuanya terlihat kabur. Saya tidak minum (alkohol) atau merokok dan mereka memeriksa hati saya. Semuanya baik-baik saja," ujar Natalie.

"Saya tidak tahu efek samping pil KB dapat berpotensi memicu stroke. Orang-orang tidak boleh lagi menganggap stroke hanya dialami mereka yang berusia di atas 50 tahun," imbaunya.

Kini, masalah Natalie ditinjau oleh pihak Medicines and Healthcare Regulatory Agency (MHRA). Menurut mereka, risiko pembekuan darah dan seseorang terkena stroke akibat pil KB sangat kecil.

Pil KB sangat efektif dalam mencegah kehamilan. Diyakini, pil KB lebih besar manfaatnya dibandingkan dengan risiko yang ditimbulkan.

"Jika perempuan memiliki pertanyaan, mereka harus mendiskusikannya dengan dokter atau penyedia kontrasepsi secara rutin," ucap juru bicara MHRA.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar