Perlukah Memakai Sunscreen?

Penulis: Ria Situmorang | Editor: Triansari Prahara

Perlukah Memakai Sunscreen?

Ilustrasi (Berbagai Sumber)

Jumat, 11 September 2015 | 10:48

Analisadaily – Orang berkulit putih yang kebanyakan tinggal di negara barat umumnya gemar berjemur. Untuk itulah, mereka selalu membutuhkan sunscreen atau tabir surya guna melapisi kulit dari sengatan sinar matahari.

Berdasarkan penelitian American Cancer Society (2009), lebih dari 1 juta orang yang diperkirakan terdiagnosa kanker kulit sangat erat kaitannya dengan paparan sinar matahari. Tak hanya itu, paparan sinar matahari secara langsung juga mengakibatkan kulit prematur menjadi lebih tua dari usia seharusnya.

Orang-orang kulit putih ini kerap kali memuji jenis kulit orang Asia yang masih tetap terlihat baik meski dalam berbagai macam kondisi cuaca. Lalu apakah kita yang tinggal di daerah tropis memang perlu menggunakan tabir surya?

Jawabannya adalah Ya. Setiap orang tidak terkecuali orang Asia perlu menggunakan sunscreen atau tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dapat merusak kulit kita. Penggunaan tabir surya ini juga diperlukan guna mencegah kanker kulit atau melanoma ganas.

Sinar matahari mempunyai dua jenis sinar UV yang berbahaya yaitu UV A dan UV B. Sinar UV A menembus bagian terdalam kulit anda yang merupakan penyebab penuaan dini sedangkan UV B adalah sumber penyakit utama dari kanker kulit.

Perlindungan tabir surya dapat diukur dengan SPF yang biasanya berkisar 15 sampai 45. Semakin tinggi SPF nya, semakin besar perlindungannya. Namun asumsi SPF 30 dua kali lipat lebih besar dari SPF 15 adalah pemikiran yang keliru.

Kita perlu menggunakan tabir surya saat keluar rumah di jam 10 pagi sampai dengan 3 siang. Tidak peduli apakah hujan atau berawan, anda harus tetap menggunakan tabir surya. Oleskan tabir surya minimal 15 menit sebelum keluar rumah di bagian tubuh yang akan terkena sinar matahari.

Anak-anak juga perlu menggunakan tabir surya. Mengapa? Menurut sebuah studi yang dibahas oleh Science Daily dilansir dari Live Strong, anak-anak yang sering terkena terpaan sinar matahari mengalami peningkatan 5% akan pertumbuhan tahi lalat yang merupakan risiko utama melanoma ganas. 

Jika khawatir alergi terhadap SPF buatan, anda bisa mencoba melindungi kulit secara alami dari dalam dengan mengkonsumsi buah-buahan. Lebih lanjut baca artikel ini: (1), (2)

 

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar