Peringatan Kesehatan di Kotak Rokok Akan Diubah

Penulis: Reza Perdana

Peringatan Kesehatan di Kotak Rokok Akan Diubah

Peringatan kesehatan di kotak rokok (Fox News/FDA)
 

Senin, 19 Agustus 2019 | 12:51

Analisadaily - Dalam upaya untuk menyebarluaskan pemahaman publik tentang bahaya merokok, Food and Drug Administration (FDA) memasang gambar berwarna dan peringatan kesehatan khusus baru pada kotak rokok.

Dilansir dari Fox News, Senin (19/8), langkah ini akan menandai revisi pertama sejak peringatan Surgeon General diperkenalkan pada pengemasan rokok dan iklan pada tahun 1984.

“Sebagai seorang dokter dan peneliti kanker, saya sangat sadar akan dampak buruk yang ditimbulkan pada kesehatan masyarakat oleh produk tembakau, yang menyebabkan kanker, penyakit jantung, stroke, emfisema, dan masalah medis lainnya,” kata penjabat komisioner FDA, Ned Sharpless.

Gambar akan menempati 50 persen dari area di panel depan dan belakang kotak, dan setidaknya 20 persen dari area di bagian atas iklan rokok. Badan kesehatan mengatakan, peringatan saat ini telah menjadi hampir tidak terlihat oleh perokok dan bukan perokok.

“Kebanyakan orang berasumsi, masyarakat tahu semua yang perlu mereka pahami tentang bahaya merokok, ada sejumlah risiko mengejutkan yang kurang diketahui, yang mungkin tidak disadari oleh perokok muda dan dewasa serta bukan perokok, seperti kanker kandung kemih, diabetes, dan kondisi yang dapat menyebabkan kebutaan,” lanjut Sharpless.

Peringatan baru akan mencakup bahasa yang menyoroti bahaya merokok, termasuk bahaya pada anak-anak, penyakit paru-paru yang fatal pada orang yang tidak merokok, kanker kepala dan leher, pertumbuhan janin terhambat, penyakit jantung.

Kemudian stroke, COPD, berkurangnya aliran darah dan disfungsi ereksi, kemungkinan amputasi anggota badan, diabetes tipe 2, dan katarak dengan potensi kebutaan. Setiap peringatan akan disertai dengan gambar berwarna yang disesuaikan dengan bahaya kesehatan yang disebutkan.

Paparan asap rokok menyebabkan 480.000 kematian di AS setiap tahun. FDA melaporkan, total lebih banyak kematian daripada alkohol, HIV, kecelakaan mobil, obat-obatan terlarang, gabungan pembunuhan dan bunuh diri.

Terlepas dari statistik, diperkirakan 34,4 juta orang dewasa di AS, dan tambahan 1,4 juta pemuda AS adalah perokok aktif.

FDA mengatakan, studi penelitian konsumen yang melibatkan peringatan baru tidak hanya tampak baru bagi para peserta, tetapi juga memberi mereka informasi baru tentang risiko kesehatan yang terkait dengan merokok bila dibandingkan dengan peringatan Surgeon General saat ini.

“Paket dan iklan rokok dapat berfungsi sebagai saluran penting untuk mengkomunikasikan informasi kesehatan kepada khalayak luas, yang mencakup perokok dan bukan perokok,” ucap direktur Center for Tobacco Products FDA, Mitch Zeller.

“Faktanya, perokok harian berpotensi melihat peringatan pada paket rokok lebih dari 5.100 kali per tahun, dan semua anggota masyarakat, termasuk remaja, terpapar iklan rokok di media cetak dan digital, serta di dan sekitar toko-toko di mana rokok berada. Terjual,”

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar