Peringatan Kesehatan Bagi Pemain Alat Musik Tiup

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Peringatan Kesehatan Bagi Pemain Alat Musik Tiup

Ilustrasi (BBC)

Senin, 29 Agustus 2016 | 13:07

Analisadaily - Terompet, saksofonis, piper dan alat musik tiup lainnya harus lebih diwaspadai. Alat musik tiup memungkinkan penggunanya menderita jenis penyakit paru. Kasus terbaru menyebutkan, seorang pria meninggal akibat jamur yang ada pada paru-parunya.

Diketahui dari dokter yang menangani si pria, jamur berasal dari alat musik tiup yang sering digunakannya. Alat musik tiup dipercaya kurang bersih, sehingga menyebabkan jamur yang masuk ke rongga paru-paru.

Penelitian menyebutkan, alat musik harus dibersihkan secara teratur untuk mencegah penumpukan ragi dan patogen berbahaya lainnya. Kerusakan paru-paru dijelaskan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh tidak baik. Patogen yang terhirup memicu peradangan, dan pada akhirnya menyebabkan jaringan parut progresif dan irreversibel.

Dokter di Rumah Sakit Wythenshawe mengatakan, alat musik kemudian diperiksa di laboratorium. Hasilnya, seperti dilansir dari BBC, Senin (29/8), menunjukan bahwa alat musik memang dipenuhi oleh jamur.

"Jika Anda dapat mendiagnosa masalah seperti ini lebih awal, maka dapat diobati lebih cepat. Organisme ini bisa berada di udara," kata salah satu dokter di rumah sakit Wythenshawe, Dr. Jenny King.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar