Perhatikan Kalori Gula Anak

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Perhatikan Kalori Gula Anak

Ilustrasi (BBC)

Kamis, 12 Januari 2017 | 09:19

Analisadaily - Sudah menjadi kewajiban orang tua untuk mengawasi kondisi kesehatan anaknya, termasuk memperhatikan kalori gula yang dikonsumsi anak setiap hari.

Banyak anak-anak yang sarapan dengan makanan cepat saji, termasuk sereal. Padahal, kalori gula yang tinggi, terutama yang dikonsumsi saat sarapan dapat membuat gigi busuk, lingkar pinggang bertambah dan ancaman jangka panjang seperti diabetes atau obesitas.

Sekitar seperempat anak berusia lima tahun mengalami kerusakan gigi dan hampir seperlima anak di dunia sudah mengalami obesitas. Gula adalah penyebab utamanya. Rata-rata anak makan lebih dari 11 gram gula hanya saat sarapan.

Untuk menjaga anak tetap sehat dari gula, ada baiknya orang tua memperhatikan kebutuhan makan anak per hari menurut usia mereka.

Usia 2 tahun membutuhkan kalori gula kurang dari 13 gram per hari, usia 3 tahun kurang dari 15 gram, anak berusia 4 tahun kurang dari 19 gram dan anak usia 7 sampai 10 tahun kurang dari 24 gram per hari.

"Anak-anak mengonsumsi terlalu banyak gula di pagi hari, padahal sangat penting mereka sarapan yang sehat," kata Dr. Alison Tedstone, dilansir dari BBC, Kamis (12/1).

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar