Peralihan Musim, Masyarakat Diimbau Jaga Pola Makan dan Olahraga

Peralihan Musim, Masyarakat Diimbau Jaga Pola Makan dan Olahraga

Ilustrasi (Pixabay)

(jw/rzd)

Jumat, 5 April 2019 | 19:03

Analisadaily (Medan) - Peralihan musim yang terjadi di wilayah Sumatera Utara dari musim hujan ke panas menyebabkan banyaknya masyarakat terserang penyakit. Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Sumut mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga makanan dan berolahraga.

"Peralihan musim ini masyarakat sering mengalami batuk, demam, dan flu, yang terjadi karena bakteri dan virus. Untuk menjaga itu anti bodi kita perkuat agar virus yang menyerang bisa teratasi," kata Ketua PDUI Sumatera Utara, dr. Dedy Irawan Nasution, Jumat (5/4).

Dedi menjelaskan, untuk mengantisipasi penyakit tersebut, masyarakat harus mengkonsumsi makanan yang cukup gizi, seperti makan nasi, sayuran, dan buah yang mengandung vitamin C.

"Selain itu membiasakan berolahraga minimal 30 menit," jelasnya.

Selain itu, Dedi mengungkapkan, dengan selalu menjaga pola makan dan jam istirahat dapat memperkuat anti bodi.

"Nah, dengan kita menjaga pola makan dan istirahat minimal tidur malam 5-6 jam dan minum air putih 8 gelas per hari, virus yang menyerang badan kita bisa teratasi," ungkapnya.

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan memperkirakan, memasuki April 2019 sebagian wilayah Sumut masih terjadi hujan lebat, petir dan angin kencang.

Hal tersebut terjadi akibat adanya konvergensi belokan angin dan pemanasan suhu laut. Kondisi itu disebabkan wilayah Sumut terkena belokan angin dan konvergensi, sehingga masa udara basah berkumpul di wilayah ini.

Sehingga situasi tersebut mengakibatkan pertumbuhan awan menjadi lebih banyak yang menyebabkan terjadi hujan dengan intrensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan petir serta angin kencang.

Hujan lebat disertai petir dan angin kencang terjadi lepas tengah hari sampai lewat tengah malam. Sedangkan pada pagi hingga tengah hari suhu panas menerpa dan relatif lebih panas dari biasanya.

(jw/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar