Penyebab Utama Alergi Pada Anak Menurut Konsultan Imunologi

Penyebab Utama Alergi Pada Anak Menurut Konsultan Imunologi

Konsultan alergi imunologi anak, Prof. Dr. dr. Budi Setiabudiawan, SpA(K), M.Kes.

(aa/rzp)

Rabu, 17 Mei 2017 | 12:35

Analisadaily (Medan) - Alergi merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak dialami oleh penduduk di Asia, terutama pada orang dewasa. Namun dewasa ini ternyata alergi juga bisa didapat anak-anak di bawah usia lima tahun (balita).

Konsultan alergi imunologi anak, Prof. Dr. dr. Budi Setiabudiawan, SpA(K), M.Kes mengatakan, penyebab utama anak-anak di wilayah Asia menderita alergi banyak dari makanan, terutama dari putih telur dan susu sapi.

“Dari eksternal, utamanya dari lingkungan rumah yang tidak bersih seperti tungau, debu rumah, ataupun kecoa,” kata Prof. Budi di Medan, Rabu (17/5).

Dijelaskannya, banyak gejala alergi yang terjadi pada anak seperti alergi kulit, saluran pernapasan, dan saluran pencernaan. Bahkan, lanjutnya, dampak alergi pada anak cukup besar.

“Dewasa ini alergi protein susu sapi cukup tinggi, dengan angka kejadian 0,5 sampai 7,5 persen. Dampaknya bisa merambah ke ekonomi, kesehatan, gangguan tumbuh kembang, dan psikologi. Kejadian alergi susu sapi akan berkurang dengan bertambahnya usia,” jelasnya.

Prof. Budi menyebutkan, banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah alergi pada anak, terutama adalah air susu ibu (ASI) eksklusif bagi bayi baru lahir, dan juga hindari dari paparan asap rokok aktif maupun pasif.

“Jika seseorang bunda tidak bisa memberikan ASI eksklusif, cara pencegahannya bisa dengan memberikan susu formula hidrolisat parsial,” sebutnya.

Kemudian jika saat anak sudah muncul alergi dan bunda belum bisa memberi ASI, lanjutnya, diharapkan memberikan susu formula hidrolisat ekstensif ataupun susu asam amino.

“Jika kedua susu jenis itu sulit didapat atau mahal, bisa diganti dengan susu kedelai atau soya, tapi bukan yang murni,” terangnya.

(aa/rzp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar