Penyebab Sindrom Ovarium Polikistik Hampir Ditemukan

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Penyebab Sindrom Ovarium Polikistik Hampir Ditemukan

Ilustrasi (BBC)

Kamis, 17 Mei 2018 | 12:15

Analisadaily - Penyebab umum infertilitas perempuan atau sering disebut sindrom ovarium polikistik (PCOS) sudah hampir ditemukan. Sejauh ini, peneliti mengatakan penyebabnya karena ketidakseimbangan hormon sebelum kelahiran.

PCOS mempengaruhi bagaimana ovarium perempuan bekerja. Gejalanya termasuk periode menstruasi tidak teratur dan kesulitan hamil.

"Sejauh ini kondisi hormonal yang paling umum mempengaruhi reproduksi perempuan, tetapi belum bisa dipastikan 100% tentang penyebabnya karena hormonal," kata peneliti dari University of Adelaide di Australia, Robert Norman, dilansir dari BBC, Kamis (17/5).

Sementara para peneliti di Institut Kesehatan dan Penelitian Medis Nasional Perancis (Inserm) telah menyimpulkan bahwa sindrom tersebut bisa dipicu sebelum kelahiran karena mengalami kelebihan hormon yang disebut Hormon Anti-Mullerian (AMH).

Kelebihan hormon itu tampaknya terlalu merangsang satu set sel otak yang menaikkan tingkat testosteron.

"Ini bisa menjadi strategi yang menarik untuk mengembalikan ovulasi dan akhirnya meningkatkan tingkat kehamilan pada perempuan yang mengalami PCOS," kata peneliti Inserm, Paolo Giacobini.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar