Penyebab Kematian Ibu Hamil Pasca Melahirkan

Penulis: Christison Sondang Pane

Penyebab Kematian Ibu Hamil Pasca Melahirkan

Ilustrasi ibu hamil (Pixabay)

Rabu, 8 Mei 2019 | 13:34

Analisadaily – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menyebutkan, sekitar 700 wanita hamil di Amerika Serikat meninggal dunia karena komplikasi setiap tahun.

Sepertiga dari kematian itu karena penyakit jantung atau stroke, dan terjadi seminggu hingga setahun setelah melahirkan. Ada juga yang terjadi selama kehamilan dan saat melahirkan.

Peneliti CDC menemukan, wanita kulit hitam, sekitar tiga kali lebih mungkin meninggal dunia karena masalah yang berkaitan dengan kehamilan daripada wanita kulit putih asli Amerika Indian atau Alaska.

“Memastikan perawatan berkualitas untuk ibu selama kehamilan dan pasca melahirkan harus menjadi prioritas utama bangsa kita,” kata Direktur CDC, Robert Redfield dilansir dari Reuters, Rabu (8/5).

Sebagian besar kematian terjadi antara satu minggu dan satu tahun setelah melahirkan disebabkan oleh otot-otot jantung yang melemah. Sementara pendarahan hebat, tekanan darah tinggi dan infeksi menyebabkan sebagian besar kematian sepekan setelah melahirkan.

Sebagian besar wanita yang meninggal juga saat melahirkan menderita keadaan darurat kebidanan seperti pendarahaan hebat dan cairan ketuban di dalam aliran darah.

Studi ini melihat empat tahun data nasional tentang kematian kehamilan dan empat tahun data dari 13 komite peninjau kematian ibu di AS.

Kematian terkait kehamilan sebagian besar dapat dicegah dengan akses yang tepat ke perawatan, diagnose yang tepat dan tepat waktu, dan pengetahuan tentang tanda-tanda peringatan di antara pasien dan penyedia layanan.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar