Penyakit Penyebab Kematian Nomor Satu di Dunia

Penulis: Kiki Safitri | Editor: Eka Azwin Lubis

Penyakit Penyebab Kematian Nomor Satu di Dunia

Ilustrasi (HuffingtonPost)

Minggu, 24 April 2016 | 16:38

Analisadaily - Kardiovaskular merupakan penyakit berstatus pembunuh nomor satu yang bertanggung jawab atas 25% kematian manusia di seluruh dunia setiap tahunnya.

Penyakit katup jantung ini merupakan salah satu yang harus dijadikan pusat perhatian. Lima juta orang Amerika Serikat yang didiagnosis mengalami penyakit katup jantung setiap tahun, berujung pada kematian.

Masalah katup jantung yang paling umum adalah stenosis aorta (AS). Penyakit ini terjadi akibat penyempitan pembuka katup aorta.

Stenosis aorta merupakan penyakit progresif, dimana umumnya penderita mampu bertahan hidup selama dua tahun dan hanya 20% kesempatan hidup selama lima tahun tanpa penggantian katup.

Seringkali, penyakit katup jantung tidak terdiagnosis. Namun penyakit ini dapat dirasakan jika Anda mengalami kesulitan naik tangga atau kehabisan napas. Tanda-tanda lain meliputi kelelahan, nyeri dada, sesak napas, merasa pingsan dan jantung berdebar-debar.

Faktor yang menyebabkan munculnya penyakit ini adalah usia, merokok, terapi radiasi dada, infeksi, demam rematik, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan aritmia (detak jantung tidak teratur).

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar