Penyakit Lyme Meningkat di Michigan

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Penyakit Lyme Meningkat di Michigan

Kutu penyebab Lyme (Fox News)

Selasa, 14 Maret 2017 | 09:24

Analisadaily - Kasus penyakit Lyme di Michigan meningkat secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Alasan meningkatnya dikarenakan populasi kutu yang membawa jenis penyakit tersebut tersebar lebih cepat.

Data yang dikumpulkan penelitidari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan di Michigan mencatat, lebih dari 1.057 kasus penyakit Lyme didiagnosis antara tahun 2000 dan 2014.

Dan hasil penelitian menunjukkan, tidak hanya jumlah infeksi tahunan yang naik secara signifikan selama periode 15-tahun belakangan, tapi ditemukan pula penyebaran wilayah yang terinfeksi Lyme.

Penyakit Lyme disebabkan oleh bakteri Borrelia burgdorferi, dan dapat menular ke manusia hanya melalui gigitan kutu yang membawa bakteri.

Kutu berkaki hitam (Ixodes scapularis), juga dikenal sebagai kutu rusa, adalah vektor yang paling umum untuk penyakit Lyme di timur laut, utara-tengah dan pertengahan Atlantik Amerika Serikat.

Kutu tidak dilahirkan membawa bakteri yang menyebabkan Lyme. Melainkan karena kutu melakukan kontak dengan larva dari hewan yang terinfeksi, seperti rusa, burung robin atau tikus.

Peneliti memastikan, kutu tidak dapat bermigrasi sendiri dari satu wilayah ke wilayah lain. Dilansir dari Fox News, Sealsa (14/3), kutu pasti menumpang di tubuh bintang yang bermigrasi.

Oleh karena itu, masyarakat diminta lebih waspada, termasuk menghindari daerah dengan rumput tinggi dan vegetasi tebal.

Masyarakat dapat menggunakan repellent mengandung 30 persen Diethyltoluamide (DEET) pada kulit yang terkena gigitan. Ketika masuk ke rumah, maka mandi sesegera mungkin.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar