Penyakit Ginjal Misterius 'Hantui' Warga Sri Lanka

Penulis: Reza Perdana

Penyakit Ginjal Misterius 'Hantui' Warga Sri Lanka

Ilustrasi. (Berbagai Sumber)

Kamis, 22 Januari 2015 | 09:59

Analisadaily - Karena khawatir tertular penyakit ginjal misterius, seribu orang lebih di Rajanganaya, Sri Lanka berdesak-desakan mengikuti uji kesehatan di klinik-klinik darurat di kota tersebut.

Dilansir dari VOA, banyak dari mereka yang menyaksikan para tetangga dan orang-orang yang mereka cintai meninggal karena ginjalnya secara tiba-tiba berhenti bekerja, meskipun masih berusia dibawah 30 tahun. Penyakit ini juga menewaskan sekitar 10 orang setiap bulan.

BACA JUGA : Penyakit Aneh 'Deja Vu' Mendera Seorang Pemuda

Penyakit ginjal misterius ini telah menewaskan 20 ribu orang dalam 20 tahun terakhir, dan membuat antara 70 ribu hingga 400 ribu orang jatuh sakit. Penyakit ini telah meluas dari dua distrik menjadi tujuh distrik di bagian tengah dan utara Sri Lanka.

Buruknya sarana air bersih serta penggunaan pestisida dan pupuk banyak disalahkan oleh beberapa pihak sebagai cikal bakal penyakit ginjal misterius ini. Sedangkan, otorita setempat telah melarang warga untuk memakan ikan air tawar, menggunakan peralatan masak yang terbuat dari alumunium dan alkohol buatan sendiri.

Sementara itu, laporan yang dikeluarkan oleh WHO dua tahun lalu mendapati penyakit ginjal pada 15% orang dewasa di tiga distrik Sri Lanka, terutama pada perempuan dan laki-laki berusia di atas 39 tahun. Residu pestisida dan kadmium dalam kadar tinggi ditemukan dalam urin. Para peneliti WHO menyimpulkan kemungkinan terjadinya kerusakan ginjal dalam jangka panjang, ditambah faktor-faktor lain seperti arsenik.

Peneliti WHO di Jenewa, Shanthi Mendis, mengatakan bahwa pemerintah Sri Lanka saat ini seharusnya menyediakan pasokan air minum yang aman kepada warga dan mengeluarkan aturan tegas tentang penggunaan pestisida. (Reza)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar