Pentingnya Penanganan Tepat pada Rabies

Penulis: Sagita Purnomo | Editor: Eka Azwin Lubis

Pentingnya Penanganan Tepat pada Rabies

Ilustrasi (BBC News)

Minggu, 19 April 2015 | 20:11

Analisadaily - Sekitar 59 ribu orang tewas setiap tahunnya akibat rabies yang tertular melalui anjing peliharaan. Sebab itu, Global Alliance for Rabies Control meminta kepada negara-negara yang banyak memiliki korban akibat infeksi rabies untuk memperketat pemberian vaksin kepada anjing dan orang yang terkena gigitan anjing tersebut.

Setiap harinya, terdapat 160 orang di Asia dan Afrika yang tewas akibat buruknya penanganan serta penanggulangan rabies. Hal ini dikarenakan ketidakterjangkauannya vaksin di daerah-daerah terpencil terutama di negara-negara miskin.

“Perlu diadakan peningkatan pengawasan untuk mengurangi ketidakpastian dan dampak buruk akibat infeksi rabies ini,” jelas dr. Katie Hampson dikutip dari BBC News.

Sebenarnya, tingkat kematian akibat rabies bisa dengan mudah ditekan apabila orang yang terkena infeksi rabies ditangani dengan tepat. Bakteri penyebab rabies dapat dengan mudah dilumpuhkan dengan menggunakan vaksin anjing. Namun, gigitan anjing kerap kali dianggap sebagai masalah yang sepele sehingga dampak rabies semakin buruk setiap tahunnya.

Tags :

#rabies #Infeksi

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar