Pentingnya Mengetahui Beberapa Aspek Penularan HIV/AIDS

Pentingnya Mengetahui Beberapa Aspek Penularan HIV/AIDS

Ilustrasi (Pixabay)

(rel/rzd)

Rabu, 19 Juni 2019 | 15:58

Analisadaily (Medan) – Masyarakat sangat perlu mengetahui beberapa aspek tentang penularan penyakit berbahaya HIV/AIDS. Hingga kini, jenis penyakit ini masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah maupun pegiat.

Penularan penyakit tersebut tidak hanya menyasar provinsi yang sudah maju, melainkan juga di desa-desa. Sumatera Utara (Sumut) berada di peringkat ketujuh untuk penularan virus mematikan ini.

Aktivis (Media Watch) yang konsen di HIV/AIDS, Syaiful Harahap mengatakan, ada beberapa aspek yang penting diketahui masyarakat dari banyaknya penularan virus ini, salah satunya ketidaktahuan masyarakat mengenai HIV/AIDS.

“Perjaka dan perawan saja berisiko tertular virus ini. Anda harus tahu. Seperti melalui jarum suntik narkoba secara bergantian,” kata Syaiful, Rabu (19/6).

Selain itu, lanjutnya, penularan juga dapat terjadi pada ibu rumah tangga dan anaknya. Salah satunya melaluyi suami yang melakukan hubungan seks di luar. Apalagi, selingkuhan sudah tertular virus HIV/AIDS.

“Ini sering terjadi, suami selingkuh, dan selingkuhannya mengidap virus HIV/AIDS. Akhirnya, istri dan anaknya tertular,” sebutnya.

Syaiful menyebut, penularan dari transfusi darah juga sangat berisiko. Sebab, tidak dapat diketahui darah steril atau tidak. Penting dilakukan pemeriksaan secara mendalam bagi orang yang ingin melakukan donor darah.

“Salah satunya dengan melakukan konseling, kapan terakhir melakukan seks berisiko,” ujarnya.

Syaiful juga mengingatkan, bagi ibu hamil harus hati-hati. S aat wanita hamil, jangan hanya wanita saja yang diperiksa Puskesmas atau pelayanan kesehatan, suami juga harus diperiksa.

“Kenapa kita lakukan? karena anak adalah masa depan. Harus diselamatkan,” tegasnya.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar