Penting Melepas Gigi Palsu Sebelum Operasi

Penulis: Reza Perdana

Penting Melepas Gigi Palsu Sebelum Operasi

(Pixabay)

Kamis, 15 Agustus 2019 | 22:11

Analisadaily - Seorang pensiunan tukang listrik berusia 72 tahun di Inggris, yang tidak disebutkan namanya, lupa memberi tahu ahli bedah bahwa ia memakai gigi palsu. Enam hari setelah benjolan jinak diangkat dari perutnya saat dibius total, pria ini muncul di ruang gawat darurat.

Dilansir dari Asia One, Kamis (15/8), dia mengeluh darah di mulut, kesulitan menelan, dan rasa sakit begitu kuat, sehingga dia tidak bisa makan makanan padat.

Memperhatikan riwayat masalah paru-paru, para dokter berasumsi ia menderita infeksi pernapasan, menurut BMJ Case Reports, sebuah jurnal medis yang menggambarkan kasus-kasus medis yang patut dicatat.

Mereka meresepkan obat kumur dan antibiotik, dan mengirimnya dalam perjalanan. Tapi dua hari kemudian, pria tersebut muncul lagi dengan gejala yang memburuk. D dia bahkan tidak bisa menelan obat-obatannya.

"Dia juga merasa sesak napas, terutama ketika berbaring, dan tertidur," kata Harriet Cunniffe, seorang ahli bedah telinga, hidung, dan tenggorokan, di Universitas Rumah Sakit NHS di Yarmouth.

Dokter UGD menduga jenis pneumonia sering disebabkan oleh menghirup makanan atau asam lambung ke paru-paru, dan memasukkan pria tersebut ke rumah sakit. Saat itu nasendoskopi, kamera serat optik di ujung tabung yang dimasukkan melalui lubang hidung, menemukan benda besar setengah lingkaran menutupi pita suaranya.

"Saat menjelaskan hal ini kepada pasien, ia mengungkapkan giginya telah hilang selama operasi umum delapan hari sebelumnya, dan terdiri dari pelat atap logam dan tiga gigi depan," kata Cunniffe.

Gigi tiruan dilepas dengan cara operasi, dan pria tersebut akhirnya dipulangkan enam hari kemudian. Insiden-insiden seperti ini lebih jarang dari yang diperkirakan. Dalam satu periode 15 tahun di Inggris, 83 kasus gigi palsu diidentifikasi, menurut jurnal tersebut.

Serangan pendarahan membawa pria tersebut kembali ke rumah sakit seminggu kemudian, dan kemudian 10 hari setelah itu. Perjalanan kelimanya di ruang gawat darurat mengungkapkan lepuh di tenggorokannya yang dikelilingi oleh jaringan luka.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar