Pengguna Antidepresan Bagi Anak-anak Meningkat

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Pengguna Antidepresan Bagi Anak-anak Meningkat

Ilustrasi (BBC)

Kamis, 26 Juli 2018 | 12:07

Analisadaily - Jumlah antidepresan yang diresepkan untuk anak-anak di Inggris, Skotlandia, dan Irlandia Utara, telah meningkat selama tiga tahun terakhir.

Di Inggris, ada kenaikan 15%. Skotlandia mengalami peningkatan 10%. Dan di Irlandia Utara jumlah kenaikannya mencapai 6%. Totalnya, 950.000 resep dikeluarkan antara April 2015 dan Maret 2018.

NHS Inggris, NHS Skotlandia dan Badan Perawatan Kesehatan dan Sosial di Irlandia Utara semua mengatakan, mereka berkomitmen untuk meningkatkan layanan kesehatan mental anak.

Peningkatan paling tajam terlihat pada pasien termuda yang berusia 12 tahun ke bawah, di mana jumlah resep naik rata-rata sebesar 24%, dari 14.500 menjadi hampir 18.000.

Dr. Bernadka Dubicka dari Royal College of Psychiatrists, mengatakan, saat ini ada satu dari empat anak dan remaja yang dirawat karena masalah kesehatan mental.

"Faktanya, resep untuk antidepresan anak meningkat. Ini bukan langkah yang cepat, tapi cukup untuk menilai bagaimana kesehatan anak-anak di dunia," kata Dr. Bernadka.

"Pentingnya memberi anak akses ke terapi psikologis. Apa yang tidak kita ketahui dari data hari ini adalah mengapa antidepresan ini diresepkan, dan bagaimana," lanjutnya, seperti dilansir dari BBC, Kamis (26/7).

Pihak kesehatan menjelaskan, sangat penting obat antidepresan pada anak digunakan dengan bijaksana, dimonitor dengan hati-hati, agar risiko dan manfaat bisa dimanfaatkan secara individual.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar