Pengaruh Make-up Pada Kulit Remaja

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Pengaruh Make-up Pada Kulit Remaja

Make-up (Fox News)

Sabtu, 17 Juni 2017 | 11:13

Analisadaily - Banyak dari remaja menggunakan make-up setiap hari. Bahkan, beberapa remaja tidak mau meninggalkan rumah tanpa itu. Padahal make-up bisa memiliki efek merusak kulit remaja.

Dalam sebuah penelitian di Brasil, 45 persen wanita yang menggunakan make-up secara serius berisiko terkena penyakit kulit. 14 persen menderita jerawat yang disebut acne cosmetic, karena remaja sering menggunakan riasan lebih banyak daripada orang dewasa.

Itulah sebabnya remaja berkesempatan lebih besar menderita masalah kulit. Pada akhirnya, tindakan ini akan memperburuk jerawat, menciptakan siklus berbahaya kerusakan kulit yang membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan tahun untuk menyembuhkannya.

Kemudian, sebagian besar make-up di pasaran sebenarnya berbahan kimia yang berbahaya. Dilansir dari Fox News, Sabtu (17/6), bahan kimia berdampak pada perkembangan hormon remaja yang baru berkembang. Sebab bahan kimia tidak dapat menyeimbangkan hormon dan dapat menyebabkan efek berbahaya lainnya, seperti ketidaksuburan, hingga kanker kulit.

Penggunaan make-up yang salah lainnya adalah membagi make-up dengan teman-temannya. Tanpa sadar, berbagi make-up menyebarkan bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi mata, luka dingin, penyakit umum, infeksi Staph, bahkan herpes.

Para remaja sebaiknya berhati-hati menggunakan make-up. Hindari bahan berbahaya seperti paraben dan phthalate. Make-up yang digunakan harus sesuai jenis kulit. Untuk kulit berminyak, carilah pembersih berbasis air dan pelembab ringan. Untuk kulit kering, fokuslah pada perawatan kulit yang memberikan kelembaban lebih lama.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar