Penelitian: Pria Diet Berat Bisa Merusak Kualitas Sperma

Penulis: Christison Sondang Pane

Penelitian: Pria Diet Berat Bisa Merusak Kualitas Sperma

Ilustrasi (Getty Images/Metro)

Selasa, 2 Juli 2019 | 12:35

Analisadaily - Meskipun tidak dapat menyalahkan Anda karena pilihan makanan, tapi ilmu pengetahuan mengatakan diet barat mungkin secara drastis menurunkan sperma yang layak Anda miliki. Ini bisa terjadi bagi mereka yang melakukan diet barat dengan mengonsumsi daging olahan, minuman manis dan makanan ringan.

Peneliti dari Harvard TH Chan School of Public Health membandingkan hasil antara pria yang melakukan diet seperti itu dengan yang vegetarian dan mereka yang melakukan diet bijaksana yang kaya protein dan susu.

Mereka menemukan sebagai perbandingan, pria vegetarian memiliki jumlah sperma yang lebih tinggi.

Pada penelitian terhadap 3.000 pria berusia antara 18-20 ditemukan, bahwa pria yang makan secara tidak sehat memiliki 25.6 juta lebih sedikit sperma daripada rekan mereka. Organisasi Kesehatan Dunia menyampaikan, 39 juta atau lebih adalah jumlah normal.

Ketika pasangan berjuang dengan kesuburan, calon ayah biasanya didorong untuk mempertahankan gaya hidup yang lebih baik dan makan lebih sehat untuk meningkatkan peluang kehamilan. Jadi gaya hidup jelas mempengaruhi sperma.

“Ini hanya menunjukkan kekuatan diet dengan cara fungsi testis," kata Profesor Allan Pacey dari Universitas Sheffield yang mengomentari temuan yang dipresentasikan di Masyarakat Eropa untuk Produksi dan Embriologi Manusia di Wina dilansir  dari Metro, Selasa (2/7).

Para ahli mengatakan, angka yang rendah bisa menjadi akibat dari kurangnya antioksidan yang ditemukan dalam junk food. Zat ini biasanya ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.

"Hampir dapat dipastikan, ini adalah akibat mereka yang diet lebih baik mengonsumsi lebih banyak antioksidan. Dengan pizza, keripik dan daging merah kita tahu, stres antioksidan meningkat dan itu buruk bagi sperma," terang Allan.

Meskipun pria vegetarian ditemukan lebih sehat, jumlah terbaik ditemukan pada pria yang rutin mengonsumsi ikan, ayam, sayuran, buah dan air. Mereka memiliki sperma rata-rata 42.8 juta lebih banyak daripada pria yang paling sedikit mengikuti diet ini.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar