Peneliti: Yoga di Tempat Kerja Bisa Kurangi Stres

Penulis: Christison Sondang Pane

Peneliti: Yoga di Tempat Kerja Bisa Kurangi Stres

Yoga (Reuters Blogs)

Senin, 8 April 2019 | 11:58

Analisadaily – Peneliti dari Bavarian Health and Food and Safety Authority, Laura Maria Puerto Valencia mengatakan, orang-orang yang melakukan Yoga di tempat kerja mungkin lebih sedikit mengalami stres daripada rekan-rekan mereka yang tidak.

“Yoga di tempat kerja bisa menjadi salah satu program yang dipilih untuk mengurangi tingkat stress, dan biasanya membutuhkan investasi rendah, dengan peralatan minimal,” kata Puerto Valencia di Munich, Jerman dilansir dari Reuters, Senin (8/4).

Yoga salah satu dari banyak pendekatan yang semakin banyak digunakan untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental. Tetapi penelitian sampai saat ini telah menawarkan gambaran beragam tentang seberapa baik upaya ini bekerja.

Para peneliti memeriksa data dari 13 percobaan dengan sekitar 1.300 peserta. Beberapa yang diuji coba secara acak ditugaskan di tempat kerja memang memiliki efek positif pada kesehatan mental, sementara yang lain tidak.

Dari penelitian itu, Yoga memang tidak memengaruhi kesehatan jantung, tetapi Yoga di tempat kerja punya efek positif pada kesehatan mental dan pengurangan stres secara khusus.

“Biasanya perusahaan yang mengizinkan atau merencanakan uji coba terkontrol secara acak Yoga di tempat kerja tertarik untuk mengurangi tingkat stres, meningkatkan kepuasan kerja dan produktivitas. Akibatnya, itu bisa menjadi tempat dengan lingkungan stres yang lebih rendah dibanding perusahaan lain pada umumnya,” tambah Puerto Valencia.

Namun, penelitian ini bukan percobaan terkontrol yang dirancang untuk membuktikan bagaimana Yoga bisa secara langsung mengubah tingkat stres. Para peneliti juga tidak menghitung besarnya pengurangan stres yang disebabkan oleh Yoga di semu studi kecil yang termasuk dalam analisis.

“Pesan yang dibawa pulang, Yoga adalah praktik yang baik di tempat kerja sebagai cara mengurangi stres. Pekerja yang tidak mendapat Yoga di tempat kerja masih bisa menemukan cara untuk berlatih,” kata seorang peneliti di Texa State University di San Marcos, Stacy Hunter yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

“Bahkan, jika kelas Yoga tidak disediakan di tempat kerja, teknik pranayama (pernapasan Yoga) sederhana dapat dipraktikkan di meja kerja di bilik atau kantor. Sementara sebagian besar studi dalam ulasan ini termasuk postur Yoga, pernapasan Yoga yang lambat, dalam, juga menunjukkan mendapatkan respon relaksasi yang dapat berkontribusi pada pengurangan stres di tempat kerja,” saran Hunter.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar