Peneliti Temukan Keterkaitan Antara Infeksi Dengue dengan Zika

Penulis: Reza Perdana

Peneliti Temukan Keterkaitan Antara Infeksi Dengue dengan Zika

Ilustrasi (Euro WHO)

Minggu, 10 Februari 2019 | 21:04

Analisadaily - Infeksi dengue, penyakit yang ditularkan nyamuk, yang menginfeksi hampir 400 juta orang per tahun, dapat mengurangi risiko tertular Zika hampir setengahnya. Hal ini berdasarkan laporan peneliti AS dan Brasil.

Dilansir dari Asia One, Minggu (10/2), temuan itu, yang diterbitkan dalam jurnal Science, dapat memiliki implikasi untuk vaksin demam berdarah, yang disetujui dan eksperimental oleh Sanofi, Takeda Pharmaceutical, Merck & Co, dan Butantan Institute di Brazil.

Penelitian didasarkan pada tes sampel darah yang sudah berlangsung lama terhadap hampir 1.500 wanita di Salvador, sebuah kota di timur laut Brasil, yang sangat terpukul oleh epidemi Zika, yang dimulai pada 2015. Dengue dan Zika adalah penyakit terkait erat.

Para ilmuwan telah menghubungkan infeksi Zika selama kehamilan dengan cacat lahir yang parah, termasuk mikrosefali, yang ditandai dengan ukuran kepala kecil. Secara keseluruhan, penelitian ini menemukan, Zika memengaruhi 73 persen peserta penelitian, dan tingkat infeksi yang tinggi di sudut Brasil ini menjelaskan tingginya jumlah bayi yang kemudian dilahirkan dengan mikrosefali, kata Albert Ko dari Yale School of Public Health, salah satu penulis utama studi.

Wanita dalam penelitian ini, yang sebelumnya terkena demam berdarah, bagaimanapun, lebih kecil kemungkinannya untuk terkena Zika.

"Jika Anda memiliki tingkat antibodi anti-dengue yang tinggi, Anda dapat mengurangi peluang Anda untuk terinfeksi hampir setengahnya," Dr. Ernesto Marques, seorang spesialis penyakit menular di University of Pittsburgh dan Fundação Oswaldo Cruz di Brazil, mengatakan.

Marques mengembangkan tes yang memungkinkan para peneliti untuk membedakan antara infeksi dengue dan Zika. Dia mengatakan studi lebih lanjut diperlukan untuk memahami apakah vaksin dengue baru juga bisa melindungi terhadap Zika.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar